Ganti Background Blog Ini!





Get Widget




Senin, 06 Agustus 2012

puisi baru n puisi lama

Flowchart: Terminator: PUISI LAMA 



                                                                                                                                   
v  PANTUN
Pantun merupakan jenis puisi lama yang terdiri atas empat baris, memiliki rima (persamaan bunyi) dengan baris pertama dan kedua merupakan sampiran dan baris ketiga dan ke empat merupakan isi.

CONTOH:
·         Pergi ke Medan membeli ulos
Singgah di kedai membeli gulai
Jangan ajak aku membolos
Dorong aku jadi anak pandai

·         Kalau ada jarum patah
Jangan dimasukkan ke dalam peti
Kalau ada kataku yang salah
Jangan dimasukan ke dalam hati

·         Asam kandis asam gelugur
Kedua asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

·         Merah warna buah tomat
Membuat sayur terasa nikmat
Beta ingin mencari sahabat
Agar hidup punya manfaat

·         Tinggi batang pohon jambu
Tumbuh di sisi pohon mangga
Engkau dan aku adalah satu
Bersahabat dalam suka duka

v  KARMINA
Karmina merupakan pantun yang hanya terdiri dari dua baris, baris pertama merupakan sampiran dan baris kedua merupakan isi.
CONTOH:
·         Dahulu parang, sekarang besi
Dahulu sayang sekarang benci

·         Gendang gendut tali kecapi
Kenyang perut senanglah hati

·         Pinggan tak retak, nasi tak dingin
Tuan tak hendak, kami tak ingin

·         Sudah gaharu cendana pula.
Sudah tahu masih bertanya pula

·         Siti bagendit jangan di caci
Kakek genit di goda banci


v  SYAIR
Syair merupakan puisi lama yang terdiri atas empat baris per bait, Semua baris merupakan isi.

CONTOH:
·         Angin tamparlah wajahku sekarang ini
biar segala belenggu yang menjeratku
hilang tak berbekas dari dasar kalbuku
yang selama ini tersisa

·         Ombak hantarlah jiwaku sekarang ini
biar segala yang ada aku hadapi
aku sudah bosan hidup slalu tertipu
dengan mimpi-mimpi tak pasti

·         Hantar dan bawalah aku pergi mencari sepotong harapan
hantar dan bawalah aku pergi menggapai setitik bahagia
sisa dari segala kerakusan jaman ini
yang telah melumat kebebasan

·         Bulan purnama cahaya terang
Bintang seperti intan
Pungguk merawan seorang-orang
Berahikan bulan di tanah seberang


·         Pungguk bercinta pagi dan petang
Melihat bulan di pagar bintang
Terselap merindu dendamnya datang
Dari saujana pungguk menentang


v  GURINDAM
Gurindam adalah satu bentuk puisi melayu lama yang terdiri dari dua baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh, Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama tadi.

CONTOH:
·         Barang siapa tidak sembahyang
Ibarat rumah tidak bertiang

·         Dengan ibu hendaknya hormat
Supaya badan dapat selamat

·         Kurang pikir kurang siasat
Tentu dirimu akan tersesat

·         Pabila banyak mencela orang
Itulah tanda dirinya kurang

·         Rakyat teratur hidupnya makmur
Rukun raharja tiada terukur 


v  SELOKA
Seloka adalah pantun berkait yang tidak cukup dengan satu bait saja sebab pantun berkait merupakan jalinan atas beberapa bait.

CONTOH:

·         Warna merah menghias buku
 Indah nian kian ku pandang
 Anak kecil menangis sendu
 Seharian ia tak makan

·         Indah nian kian ku pandang 
Kalau boleh tentu ku mau
Seharian ia tak makan
Adakah besuk nasi dan lauk
Kalau boleh tentu ku mau
Namun sayang itu milikmu
Adakah besuk nasi dan lauk
Walau sekedar pengganjal perut

·         Bunga mawar cempaka biru
Bunga rampai didalam puan
tujuh malam semalam rindu
belum sampai padamu tuan

·         Bunga rampai didalam puan
ruku ruku dari peringgit
belum sampai padamu tuan
rindu saya bukan sedikit

·         ruku ruku dari peringgit
teras jati bertalam talam
rindu saya bukan sedikit
nyaris mati semalam malam


v  TALIBUN
Talibun adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi, tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dan seterusnya.

CONTOH:

·         Mencari ikan di dalam lubuk
Ikan gabus banyak dinanti
Lubuk dalam tanah tertimbun
Setiap hari bermain facebook
Bosan rasanya status berganti
Perkenankan hambe lantunkan talibun

·         Punai hinggap di kayu rapuh
Batang dipenuhi dedaunan coklat
Lama tak dikecup sinar mentari
Selagi melarat munajat bersimpuh
Ketika lapang lupakan shalat
Sajadah dikunci dalam lemari

·         Panakik pisau siraut
Ambil galah batang lintabung
Silodang ambil untuk niru
Yang setitik jadikan laut
Yang sekapal jadikan gunung
Alam terkembang jadikan guru
Mencari ikan di dalam lubuk
Ikan gabus banyak dinanti

·      Lubuk dalam tanah tertimbuh
Setiap hari bermain facebook
Bosan rasanya status berganti
Perkenankan hambe lantunkan talibun

·      Punai hinggap di kayu rapuh
Batang dipenuhi dedaunan coklat
Lama tak dikecup sinar mentari
Selagi melarat munajat bersimpuh
Ketika lapang lupakan shalat
Sajadah dikunci dalam lemari

v  MANTRA
Mantra adalah perkataan atau ucapan yang mampu untuk mendatangkan daya gaib, menyembuhkan, mendatangkan celaka dan sebagainya. Susunan kata berunsur puisi yang dianggap mengandung kekuatan gaib ini biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain. Mantra juga dapat disamakan dengan doa.

CONTOH:
·         Assalammu’alaikum putri satulung besar
Yang beralun berilir simayang
Mari kecil, kemari
Aku menyanggul rambutmu
Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu

·         Hai Tok Mambang Putih, Tok Mambang Hitam
Yang diam dibulan dan matahari
Melimpahkan sekalian alam asalnya pawang
Menyampaikan sekalian hajatku,
Melakukan kehendakku,
Assalamualaikum

·      Mantra Penunduk Hantu Laut
Hai hai, anak datuk laut
Nyalah engkau, pergilah
Jikalau engkau tidak pergi
Aku pukul dengan ijuk tunggal
Dengan ijuk pusaka
Aku sekal kepalamu dengan sengkalan
Aku tau asalmu jadi
Dari kun fayakun
Berkat kalimat laihaillallah
Muhammadarrasulullah
Pua-pua adanya

·      Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping 
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
ya tak ping ya tak pong
sembilu jarakMu merancap nyaring

·      Sirih lontar pinang lontar
Terletak di atas penjuruh
Hantu buta jembalang buta
Aku mengangkat mu jembalang rusa


               









Flowchart: Terminator: PUISI BARU
 



                                                                                                                             

v  BALADA
Balada adalah bentuk puisi baru yang isinya berupa cerita dan kisah perjalanan hidup seseorang.

CONTOH:
Gemuruh Cinta dalam Waktu

Bermilyar detik berselubung kerinduan
Berjuta menit berselimut keinginan bertemu
Beribu jam menanti waktu
Beratus putaran
bumi mengelilingi matahari menanti pagi lagi
Berpuluh minggu bermimpi mendekap asamu
Kapan melegakan himpitan cinta
(W.s Rendra)                                

Mati Daun 

Perlahan menampakan diri
Kecil, hijau menyembul
Bertahan dari angin, badai dan hujan
Bersama memberi makan ke pohon
Bergilir jatuh ke tanah
Bersama menjadi pupuk
Siklus mati daun yang tak pernah berubah
Ketaatan luar biasa pada yang kuasa

(rendra)

Indonesiaku
Angin berdesir di pantai
Burung berkicau dengan merdu
Embun pagi membasahi rumput-rumput
Itulah Indonesiaku
Sawahnya menghijau
Gunungnya tinggi menjulang
Rakyatnya aman dan makmur
Indonesiaku
Tanah airku
Tanah tumpah darahku
Di sanalah aku dilahirkan dan dibesarkan
Di sanalah aku menutup mata
            (Nathalia Chirtiana K)

Selamat Jalan Kawan
Malam yang hening itu menenggelamkanku
Ketika sebuah bunyi terdengar dari ponsel
membisik Kabar duka ditelingaku
oh tuhan
Aku harap ini tak nyata
Aku harap ini hanya canda belaka
Tanpa jeda air ini membanjiri pipiku
Diiringi Kenangan manis yang muncul dihadapanku
Senyummu…
Canda tawamu…
Keceriaanmu…
Kehebohanmu…
Bahkan tangismu…
Kini hanya sebuah kenangan manis
Selamat jalan Kawan
Biarkanlah lantunan Doa ini menghantarkan kepergianmu
Kawan, Aku tahu
kini ragamu tak bersamaku lagi
Tapi, Hati ini akan selalu bersama
(aweng ajah)


Kasih & Kehidupan
Halusnya jari-jari lentik memetik gitar di halaman belakang ketika anggrek bulan tengah mekar
Merdunya tembang penyanyi tua dalam lantunan kasih dan getar rindu suka cita di masa silam
Ya, Rabbana teduh jiwaku dalam syukur ketika kau turunkan rahmat di kehidupan yang bening dan tulus
Meski hatiku terus berkelana di liku bukit medan kembara langkahku tak sesat, atau terjatuh di ngarai tandus tak bersahabat karena di balik cakrawala kulihat mentari pagi berdendang melambai menabur kasih dan cahaya kehidupan.

 (aweng ajah)


v  HIMNE
Himne adalah Nyanyian pujaan untuk  Tuhan Yang Maha Kuasa. Himne disebut juga sajak ketuhanan. Namun juga bisa untuk pujian terhadap pahlawan, tanah air, dan sebagainya.

CONTOH:
·         DIPONEGORO
Di masa pembangunan ini
tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.
(chairil anwar)
·         MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.

MAJU

Bagimu Negeri
Menyediakan api.

Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai

Maju
Serbu
Serang
Terjang
(chairil anwar)

·         DOA

kepada pemeluk teguh

Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namamu

Biar susah sungguh
mengingat Kau penuh seluruh

cayaMu panas suci
tinggal kerdip lilin di kelam sunyi

Tuhanku

aku hilang bentuk
remuk

Tuhanku

aku mengembara di negeri asing

Tuhanku
di pintuMu aku mengetuk
aku tidak bisa berpaling

 (chairil anwar)

·         BANGGAKAH AKU

banggakah aku pada negeriku
yang sedang carut marut
banggakah aku pada tanah airku
yang sedang terpetak terjajah pada kerakusan
banggakah aku pada bangsaku
yang kian hari kian meluntur tergerus kepentingan pribadi

mana warisanku dari perjuangan dulu
yang katanya penuh darah air mata
mengapakah menjadi bias sekedar nama

·         Indonesia ku, Berdiri, Berkibar, Bertahanlah.

Karya : Bang arie

Dalam diam aku menangis
Dalam sepi aku bersembunyi

Tak mampu
Sungguh aku tak bisa

Melihat darah mengalir
Mendengar tangis menggema

Ya itulah kejadian dulu
Dulu ketika bambu runcing
Dan parang di tangan yang kecil
Mengayun mengusir mereka

Tapi kini
Teman-temanku
Sahabat-sahabatku
Yang hancurkan bumi pertiwi ini

Mereka pikir mereka benar!
Satu tarikan pemicu
yang menyebabkan ribuan nyawa terkapar!

Sungguh...
Andai sang pejuang terlahir kembali
mungkin mereka akan berkata

"Aku tak ingin Indonesia merdeka
Biarkan aku mati
Asal Mereka tak terlahir nanti"



v  EPIGRAM
Epigram adalah bentuk puisi baru yang isinya mengandung semangat yang ditujukan kepada generasi muda.

CONTOH:
·         Generasi Sekarang
Di atas puncak gunung fantasi
Berdiri aku, dan dari sana
Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa
Menciptakan kemegahan baru
Pantun keindahan Indonesia
Yang jadi kenang-kenangan
Pada zaman dalam dunia
(Asmara Hadi)

·         Bisik Hidup
Ketika beta membuka jendela tersentuhlah pucuk kembang pengantin yang muda gembira memanjat di hadapan kantorku.

Patahlah ia dan gugur ke bumi.
Sesal hatiku memikirkan ganas perbuatan memutuskan hidup yang seriang itu menggelung ke atas …

Hari ini beta membuka jendela pula.
Mataku mencari batang menjalar, tiada berpucuk tiada berkuncup.

Ke manakah perginya ?
Kubelai kucumbu sekar indah bermegah, kukuakkan daun rimbun mengalun.

Tampaklah beta tempat pucuk terpatah:
Menghijau tunas muda tergeletak di sinar syamsu, girang jenaka julai lampai menghojah langit.

Dan mesralah berbisik Hidup dalam kalbuku.
(St. Takdir Alisjahbana)

·         DOA

kepada pemeluk teguh
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namamu
Biar susah sungguh
mengingat Kau penuh seluruh
cayaMu panas suci           
tinggal kerdip lilin di kelam sunyi
Tuhanku
aku hilang bentuk
remuk
Tuhanku
aku mengembara di negeri asing
Tuhanku
di pintuMu aku mengetuk
aku tidak bisa berpaling
(Chairil Anwar)

·         Cinta
kenapa kita menutup mata ketika kita tidur?
ketika kita menangis?
ketika kita membayangkan?
itu karena hal terindah di dunia tdk terlihat
ketika kita menemukan seseorang yang
keunikannya sejalan dengan kita, kita bergabung
dengannya dan jatuh ke dalam suatu keanehan
serupa yang dinamakan cinta.

Ada hal2 yang tidak ingin kita lepaskan,
seseorang yang tidak ingin kita tinggalkan,
tapi melepaskan bukan akhir dari dunia,
melainkan suatu awal kehidupan baru,
kebahagiaan ada untuk mereka yang tersakiti,
mereka yang telah dan tengah mencari dan
mereka yang telah mencoba.

karena merekalah yang bisa menghargai betapa
pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka.
Cinta yang sebenarnya adalah ketika kamu
menitikan air mata dan masih peduli terhadapnya,
adalah ketika dia tidak memperdulikanmu dan
kamu masih menunggunya dengan setia.
Adalah ketika di mulai mencintai orang lain dan
kamu masih bisa tersenyum dan berkata
” aku turut berbahagia untukmu ”

Apabila cinta tidak bertemu bebaskan dirimu,
biarkan hatimu kembalike alam bebas lagi.
kau mungkin menyadari, bahwa kamu menemukan
cinta dan kehilangannya, tapi ketika cinta itu mati
kamu tidak perlu mati bersama cinta itu.
Orang yang bahagia bukanlah mereka yang selalu
mendapatkan keinginannya, melainkan mereka

yang tetap bangkit ketika mereka jatuh, entah
bagaimana dalam perjalanan kehidupan.
kamu belajar lebih banyak tentang dirimu sendiri
dan menyadari bahwa penyesalan tidak
seharusnya ada, cintamu akan tetap di hatinya
sebagai penghargaan abadi atas pilihan2 hidup
yang telah kau buat.

Teman sejati, mengerti ketika kamu berkata ” aku lupa ….”
menunggu selamanya ketika kamu berkata ”tunggu sebentar ”
tetap tinggal ketika kamu berkata ” tinggalkan aku sendiri ”
membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan
belum berkata ” bolehkah saya masuk ? ”
mencintai juga bukanlah bagaimana kamu
melupakan dia bila ia berbuat kesalahan,

melainkan bagaimana kamu memaafkan.
Bukanlah bagaimana kamu mendengarkan,
melainkan bagaimana kamu mengerti.
bukanlah apa yang kamu lihat, melainkan apa yang kamu rasa,

bukanlah bagaimana kamu melepaskan melainkan
bagaimana kamu bertahan.
Mungkin akan tiba saatnya di mana kamu harus
berhenti mencintai seseorang, bukan karena orang
itu berhenti mencintai kita melainkan karena kita
menyadari bahwa orang iu akan lebih berbahagia
apabila kita melepaskannya.

kadangkala, orang yang paling mencintaimu adalah
orang yang tak pernah menyatakan cinta
kepadamu, karena takut kau berpaling dan
memberi jarak, dan bila suatu saat pergi, kau akan
menyadari bahwa dia adalah cinta yang tak kau sadari
(Khalil Gibran)

·         Hari ini tak ada tempat berdiri
Sikap lamban berarti mati
Siapa yang bergerak, merekalah yang di depan
Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas.

(Iqbal)       


v  ROMANCE
Romance  adalah Sajak atau puisi yang berisikan cerita tentang cinta kasih, baik cinta kasih kepada lain jenis kelamin, kepada bangsa dan negara, kedamaian, dan sebagainya.

CONTOH:
·      Cinta yang merusak pikiran
(Asra jhie)

Semua hariku indah setelah mengenalmu
Seolah kebahagiaan surga telah kutemukan di dunia
Sungguh yang kutakutkan adalah berpisah denganmu
Tapi bila jodoh tidak ditangan apalagi yang diharapkan

Haruskah aku melupakanmu?
Padahal aku terlalu dalam mencintaimu
Haruskah aku meninggalkanmu?
Padahal cintaku telah kutitipkan diujung hatimu

Ya Allah, jauhkan aku dari cinta yang merusak pikiran,
Dari cinta yang merusak pikiran, dari cinta yang merusak pikiran,
Selamatkan aku darin dari nafsu yang mematikan jiwa
Dan lindungi aku dari kebodohan yang melemahkan akhlak

Hidup ini tidak akan berakhir jika cinta ditolak
Hidup ini tidak akan usai jika cinta diputus
Memang berat untuk menanggung patahnya hati
Tetapi waktu pasti menyembuhkan luka hatiku.


·         Hatimu menangis maafkan aku
(Don Sisco SH)

Bukan maksud hati menyakiti
Maafkan daku bila engkau tersakiti
Aku hanya ingin engaku ketahui
Betapa gundah gulana hati ini

Aku tau engkau begitu peduli
Memberi hatimu untuk kumiliki
Tak kala aku lemah engaku menyemangati
Selalu datang bagai Peri

Terkadang aku malu sendiri
Selalu membuat engkau sakit hati
Namun engkau selalu lalui
Dengan kasih yang kau miliki

engkau sangat berarti dihati
Salahku selalu engkau tangisi
walau aku selalu mengulangi
engkau tetap tabah menghadapi

Kasih..
Hapuslah airmatamu dipipi
Jangan Menagis lagi
berkenanlah memberiku waktu memperbaiki
Agar kudapat membuat senyummu mekar lagi
                                                                       

·         Teduh di matamu
(lukas gentara)

Ada rintik hujan yang jatuh di tanah pasir
Ada butir embun yang turun direrumputan
Adalah dirimu yang buatku tahu bahwa cinta itu, ada…!
Mendekapku dalam keindahan yang abadi
Seperti darah dan merahnya
Seperti malam dan gelapnya
Seperti teduh
Yang kulihat di matamu


·         Cinta
(Asra jhie)
Saat cinta bertamu dalam hatiku
Ku tak mampu mengusirnya dari jamuanku
Lembutnya merantai rasa cintaku
Baiknya meramaikan kesendirianku
Suaranya begitu merdu merayu kebahagiaanku

Cintaku setinggi himalayah
Seluas isi jagat raya
Rinduku membakar lebih panas dari teriknya matahari siang
Aku ingin bertemu walau hanya dengan bayang-bayang

Seandainya lidahku akan berbicara maka jiwamu yang kupilih
Seandainya telingaku boleh mendengar maka suaramu yang kupilih
Seandainya mataku boleh melihat maka hatimu yang kupilih

Penaku mengabadikan namamu
Menerjemahkan sayang dalam hatiku
Melukiskan rindu untuk kehadiranmu
Mengurangi duka dalam kesunyianku


·         Mengapa ku ingin jatuh cinta?
(Asra jhie)

Kalau ada yang paling membahagiakan di dunia ini
Aku tahu itu adalah cinta

Kalau ada yang paling menyedihkan di dunia ini
Aku tahu itu adalah cinta

Kalau ada yang paling aku inginkan saat ini
Aku tahu itu adalah jatuh cinta

Kalau aku tahu cinta itu yang paling membahagiakan di dunia ini
Tp aku juga tahu kalau cinta itu yang paling menyedihkan di dunia ini,

Lalu Mengapa,
Aku masih ingin untuk jatuh cinta?


v  ELEGI
Elegi adalah Syair atau nyanyian yg mengandung ratapan dan ungkapan dukacita (khususnya pada peristiwa kematian).

CONTOH:
·         KEHILANGANMU
(Iman Zenit)
setelah kau hilang,
semua akan segera usai...
usai pula rasa ini,
usai pula harap ini,
hanya saja luka yang kau gores,
akan tetap membekas iringi rasa benci di hati,
yang kesekian kali harus menari
di penghujung runcingnya hari,dan di sepanjang tajamnya malam.
Aku berteriak di sepinya hari,
Aku bernyanyi di sunyinya malam,
Aku menari dalam kehampaan
tiada lelah terus ku mainkan,
hingga akhirnya semua tentangmu benar-benar hilang.

·         Elegi Esok Pagi
(Adhie)
Ketika hati bersenandung
dalam elegi pagi ini
aku hanya seorang diri
bercerita pada pena dan kertas usam
bercerita tentang jeritan hati
kerinduan pada seorang kekasih
kerinduan akan kejujuran hati
kerinduan akan nyanyian sunyi
kerinduan akan kedamaian hidup ini
kerinduan pada Rhido ILLAHI

·         AKU KEHILANGANNYA…
(Monccoz)
Kadang…
Ada cocok dalam Hati
Namun,semuanya tak sejalan
Ia menutup diri tak seperti biasanya
Entah,apa yang hadir dalam Hidupnya kini
Ada kehilangan untuk mengerti Dirinya
Saat ini…

Kadang…
Ingin sekali mendengar kembali
Ia berucap, meskipun tak berarti
Mungkin, Ia menahan semua itu
Atau kini Ia tak ingin berungkap padaku lagi
Seperti sediakala…

Entahlah,seperti ada rasa Cemburu tuk menghargai Pribadinya

·         Gores Rindu
(Rafiqa Humaira)
lara hitam menikam kalbu
perih tersayat dalam pilu
diam dan bisu
hanya trgumam lirih bisik dalam detak suara
Rindu..

tarian angin menghempas getaran jiwa
beradu dalam ores rindu sang dilema
sakit…pedih,
siapa peduli risauku?
bahkan deru ombak lari tak sanggup
pecahkan karang luka dalam derita

sanggupkah pupuskan asa, dalam rindu membelai jiwa
sanggupkah torehkan cahaya dalam gelap, menanti lentera
sanggupkah? diam seribu bahasa….

·         Senja di pelabuhan kecil
(Chairil Anwar)

 Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut
Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.
Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

v  SATIRE
Satire adalah atau puisi yang isinya sindiran mengancam, mengejek secara kasar terhadap kepincangan sosial atau ketidakadilan yang terjadi dalam masyarakat.

CONTOH:
·         CINTA TUHAN
(W.S. Rendra)

Kurangkaki pagi ini dengan doa
Ku berjalan dengan mantap menuju-Mu
Dengan harap tanpa tepi
Ku yakin Kau ada

Atas nam cinta
Aku terus bekerja
Atas nama cinta
Ku relakan tubuhku berkelana

Ku teriak dalam sunyi
Ku berontak dalam hati
Ku tahu Kau takkan diam
Ku tahu aku milik-Mu

Ku tepekur dalam keramaian dunia
Jiwaku berjalan dalam kematian hati
Sepercik cahaya terlihat dari lorong gelap
Ku hanya ingin kesana
Menuju Mu
Bersama Mu


·         AKU BERTANYA
(W.s Rendra)

tetapi pertanyaan-pertanyaanku
membentur jidad penyair-penyair salon,
yang bersajak tentang anggur dan rembulan,
sementara ketidakadilan terjadi
di sampingnya,
dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan,
termangu-mangu dl kaki dewi kesenian.


·         ROKOK
(W.S. Rendra)

Pagi hari yang sunyi
Kau temani diriku
Ku hisap kau pelan-pelan
Kau masuki setiap inci paru-paruku

Kurelakan tubuhku kau rasuki
Ku tahu itu
Ku rasakan itu

Kopi cinta sebagai pasanganmu
Menemani hari-hariku
Tak lebih tak kurang
Penghancur pelan
Dengan nikmat sesaat

Makin ku hisap dirimu
Makin tak kuasa ku tolak
Walau ku sadar kau wahai racun jingga
Yang mengotori setiap tetes darahku

Aku harus berhenti menjadikanmu teman
Kau harus kutinggalkan di hari-hariku kini
Walau dalam kesendirianku
Dalam kesunyian dan kesepian
Aku yakin aku bisa
Selamat tinggal racun jingga

    
·         JERITAN RAKYAT KECIL
(Iza Melati)
kibasan politik mewarnai negeri
yang bertujuan memperbesar diri
rakyat kecil menangis di atas bumi
hingga tak tersisa air mata lagi
tolong....
tolong....
tolong....
kata itu menjerit di dalam hati
hati kecil yang tak berdaya ini
biarlah aku menderita asal mereka tak lagi sengsara
di manakah wahai hati pemimpin negara
janganlah siksa mereka sampai tak berdaya
sangat berdosanya anda bila engkau tiada untuk nya.

·         DARI SEORANG GURU UNTUK MURIDNYA
(Hartoyo Andangjaya)

Adakah yang kupunya, anak-anakku
selain buku-buku dan sedikit ilmu
sumber pengabdianku kepadamu.
Kalau hari Minggu kau datang ke rumahku
aku takut, anak-anakku
kursi-kursi tua yang di sana
dan meja tulis sederhana
dan jendela-jendela yang tak pernah diganti kainnya
semua padamu akan bercerita
tentang hidupku di rumah tangga

Ah, tentang ini tak pernah aku bercerita
depan kelas, sedang menatap wajah-wajahmu remaja
horison yang selalu biru bagiku
karena kutahu, anak-anakku
engkau terlalu muda
engkau terlalu bersih dari dosa
untuk mengenal ini semua
                                                                                                           









Tidak ada komentar:

Posting Komentar