Nama :
Asrawati Asri
Nim :
10540 6527 11
No. Urut : 14
Kelas :
VI. D PGSD
|
SKENARIO KEGIATAN PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
v
Kegiatan
Awal
1.
Guru mengucapkan salam kepada siswa ketika masuk kelas
2.
Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kesiapan
belajar siswa
3.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
4.
Guru memberitahu/ menjelaskan kepada siswa tentang
alasan diadakannya PKR atau alasan digabungnya kelas mereka dengan kelas lain.
5.
Mengecek
kehadiran siswa
6.
Guru menanyakan kepada siswa dari masing-masing kelas
tentang pelajaran mereka sebelumnya.
- Guru mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya yaitu:
Ø Kelas 1: belajar tentang fungsi matahari yang
merupakan sumber panas dan cahaya. Matahari membuat bumi terang dan hangat,
karena ada cahaya matahari, maka kita bisa melihat, menjemur pakaian dan
lain-lain.
Ø
Kelas
2: belajar tentang makhluk
hidup yang menguntungkan seperti ayam menghasilkan daging dan telur yang bisa
dimakan, sapi menghasilkan susu dan daging, dan lain-lain.
8. Guru mengajak siswa bersyukur
karena masih diberi kesempatan untuk melihat matahari pagi dan bisa menikmati
makanan yang bergizi yang dihasilkan oleh hewan yang menguntungkan tersebut setiap
hari.
9.
Guru menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan
yaitu:
Ø
Kelas 1: tentang tema “Kegiatan Pagi Hari”
Ø
Kelas 2: tentang tema ”makhluk hidup yang merugikan/berbahaya”
v
Kegiatan
Inti
1.
Guru mengajak seluruh siswa bernyanyi
“bangun tidur” (SBDP)
2.
Siswa
memeragakan ekspresinya ketika bangun Tidur.
3.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang kegiatan yang disebut dalam syair lagu (kelas 1).
4.
Guru
menjelaskan tentang kegiatan mandi bahwa ketika kita mandi maka kita harus
membersihkan seluruh anggota tubuh/anggota badan kita dengan baik Kemudian
menanyakan kepada siswa (Kelas 1) tentang
jenis-jenis anggota tubuh tersebut dan
menanyakan kepada siswa (kelas 2) cara membersihkan anggota tubuh tersebut
ketika mandi seperti memakai sabun, sampo dan sikat gigi (IPA)
5.
Kemudian
guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang cara menggosok gigi yang benar
lalu dengan didampingi oleh guru, salah satu siswa (kelas 2) bercerita didepan teman-temannya tentang
cara menggosok gigi sesuai dengan pengalamannya.
6.
Selanjutnya
guru menanyakan kepada siswa berapa kali mereka menggosok gigi dalam sehari dan
kapan mereka menggosok giginya kemudian guru menceritakan masalah yang
berkaitan tentang waktu menggosok gigi dan siswa mendengarkan cerita dari guru dengan baik (BAHASA INDONESIA)
7.
Guru mulai
bercerita tentang seorang anak yang menggosok giginya tiap kali mandi yaitu dua
kali sehari, kemudian ketika pulang sekolah dia makan siang bersama
keluarganya, makanan yang dimakannya tertinggal disela-sela giginya jadi dia
menggosok giginya lagi dan ketika malam hari sebelum dia tidur dia memakan
banyak permen dan makanan yang lain, lalu ibunya menyuruhnya untuk menggosok
gigi lagi agar giginya bersih sehingga tidak terkena sakit gigi.
8.
Setelah mendengar
cerita dari gurunya, Siswa (kelas 2) menghitung
berapa kali anak dalam cerita menggosok gigi dalam sehari yaitu dengan menjumlahkan gosok gigi ketika mandi, setelah
makan dan di tambah lagi malam sebelum tidur (MATEMATIKA)
9.
Guru
menjelaskan bahwa menggosok gigi sangat penting agar gigi kita tetap sehat dan
terhindar dari sakit gigi. Lalu guru juga menjelaskan bahwa selain kegiatan
yang ada pada syair lagu, masih banyak kegiatan lain yang selalu dikerjakan
ketika pagi hari, seperti sarapan pagi.
10. Guru menanyakan tentang makanan yang dimakan
oleh siswa pada saat sarapan pagi dan menjelaskan bahwa makanan tersebut harus
dijaga agar tetap bersih dan sehat serta terhindar dari hewan-hewan yang merugikan/berbahaya karena makanan yang tidak
dijaga kebersihannya akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit jadi walaupun kita sarapan pagi namun
terkadang kita masih sakit perut dan salah satu penyebabnya adalah karena
makanan yang kita makan tidak terjaga kebersihannya, seperti makanan yang tidak
ditutup akan mudah dikerumuni lalat dan ketika kita memakannya kita akan
terkena sakit perut, karena lalat adalah salah satu hewan yang berbahaya oleh
karena itu makanan yang akan kita makan harus selalu dijaga dan dipastikan
selalu bersih dan terlindungi. (IPA)
11. Guru menanyakan kepada siswa (Kelas 1) tentang
hewan yang merugikan/berbahaya selain lalat serta menanyakan kepada siswa
(kelas 2) tentang bahaya yang ditimbulkan hewan yang disebutkan, seperti nyamuk
menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah dan lain-lain
12. Setelah itu guru dan siswa bertanya jawab
tentang hewan yang merugikan/berbahaya dan bahaya yang ditimbulkannya serta
cara menghindarinya.
13. Selanjutnya guru menjelaskan bahwa kesempatan
untuk bangun pagi, melakukan kegiatan-kegiatan di sepanjang hari dalam keadaan
sehat serta makan makanan yang sehat dan bergizi di setiap pagi adalah
kenikmatan dari tuhan yang harus kita syukuri selalu, dan salah satu cara
mensyukurinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh kita yaitu lewat
mandi selain itu cara mensyukuri nikmat
Allah juga dengan selalu menjaga dan
melindungi makanan kita dari hewan yang merugikan/berbahaya agar makanan yang
kita makan tetap sehat dan kita bisa terhindar dari penyakit (AGAMA)
14. Guru mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena setiap
bangun tidur masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan dalam keadaan
sehat, terhindar dari penyakit sehingga bisa datang ke sekolah untuk belajar.
v Kegiatan
Akhir
1)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang belum
jelas atau belum dipahami oleh siswa
2)
Guru membimbing siswa
membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar.
3)
Guru memberikan
tugas/PR kepada siswa:
Ø
Kelas 1: menuliskan kegiatan-kegiatan yang
sering dilakukan di pagi hari
Ø
Kelas 4: menuliskan jenis-jenis hewan yang
merugikan/ berbahaya dan bahaya yang ditimbulkan serta cara mengatasinya.
4)
Memberikan pesan agar siswa berhati-hati di jalan
ketika akan kembali ke rumah.
5)
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
6)
Guru mengatur siswa agar keluar dari ruang kelas dengan
tertib.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar