Ganti Background Blog Ini!





Get Widget




Minggu, 29 Juni 2014

Skenario kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap

Nama              : Asrawati Asri
Nim                 : 10540 6527 11
No. Urut         : 14
Kelas               : VI. D PGSD

                                   
SKENARIO KEGIATAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

v  Kegiatan Awal
1.      Guru mengucapkan salam kepada siswa ketika masuk kelas
2.      Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kesiapan belajar siswa
3.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
4.      Guru memberitahu/ menjelaskan kepada siswa tentang alasan diadakannya PKR atau alasan digabungnya kelas mereka dengan kelas lain.
5.      Mengecek kehadiran siswa
6.      Guru menanyakan kepada siswa dari masing-masing kelas tentang pelajaran mereka  sebelumnya.
  1. Guru mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya yaitu:
Ø  Kelas 1: belajar tentang fungsi matahari yang merupakan sumber panas dan cahaya. Matahari membuat bumi terang dan hangat, karena ada cahaya matahari, maka kita bisa melihat, menjemur pakaian dan lain-lain.
Ø  Kelas 2: belajar tentang makhluk hidup yang menguntungkan seperti ayam menghasilkan daging dan telur yang bisa dimakan, sapi menghasilkan susu dan daging, dan lain-lain.
8.      Guru mengajak siswa bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk melihat matahari pagi dan bisa menikmati makanan yang bergizi yang dihasilkan oleh hewan yang menguntungkan tersebut setiap hari.
9.      Guru menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu:
Ø  Kelas 1: tentang tema “Kegiatan Pagi Hari”
Ø  Kelas 2: tentang tema ”makhluk hidup yang merugikan/berbahaya”
v  Kegiatan Inti
1.      Guru mengajak seluruh siswa bernyanyi “bangun tidur” (SBDP)
2.      Siswa memeragakan ekspresinya ketika bangun Tidur.
3.      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang kegiatan yang disebut dalam syair lagu (kelas 1).
4.      Guru menjelaskan tentang kegiatan mandi bahwa ketika kita mandi maka kita harus membersihkan seluruh anggota tubuh/anggota badan kita dengan baik Kemudian menanyakan kepada siswa (Kelas 1) tentang jenis-jenis anggota tubuh tersebut dan menanyakan kepada siswa (kelas 2) cara membersihkan anggota tubuh tersebut ketika mandi seperti memakai sabun, sampo dan sikat gigi (IPA)
5.      Kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang cara menggosok gigi yang benar lalu dengan didampingi oleh guru, salah satu siswa (kelas 2) bercerita didepan teman-temannya tentang cara menggosok gigi sesuai dengan pengalamannya.
6.      Selanjutnya guru menanyakan kepada siswa berapa kali mereka menggosok gigi dalam sehari dan kapan mereka menggosok giginya kemudian guru menceritakan masalah yang berkaitan tentang waktu menggosok gigi dan siswa mendengarkan cerita dari guru dengan baik (BAHASA INDONESIA)
7.      Guru mulai bercerita tentang seorang anak yang menggosok giginya tiap kali mandi yaitu dua kali sehari, kemudian ketika pulang sekolah dia makan siang bersama keluarganya, makanan yang dimakannya tertinggal disela-sela giginya jadi dia menggosok giginya lagi dan ketika malam hari sebelum dia tidur dia memakan banyak permen dan makanan yang lain, lalu ibunya menyuruhnya untuk menggosok gigi lagi agar giginya bersih sehingga tidak terkena sakit gigi.
8.      Setelah mendengar cerita dari gurunya, Siswa (kelas 2) menghitung berapa kali anak dalam cerita menggosok gigi dalam sehari yaitu dengan menjumlahkan gosok gigi ketika mandi, setelah makan dan di tambah lagi malam sebelum tidur (MATEMATIKA)
9.      Guru menjelaskan bahwa menggosok gigi sangat penting agar gigi kita tetap sehat dan terhindar dari sakit gigi. Lalu guru juga menjelaskan bahwa selain kegiatan yang ada pada syair lagu, masih banyak kegiatan lain yang selalu dikerjakan ketika pagi hari, seperti sarapan pagi.
10.  Guru menanyakan tentang makanan yang dimakan oleh siswa pada saat sarapan pagi dan menjelaskan bahwa makanan tersebut harus dijaga agar tetap bersih dan sehat serta terhindar dari hewan-hewan yang merugikan/berbahaya karena makanan yang tidak dijaga kebersihannya akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit  jadi walaupun kita sarapan pagi namun terkadang kita masih sakit perut dan salah satu penyebabnya adalah karena makanan yang kita makan tidak terjaga kebersihannya, seperti makanan yang tidak ditutup akan mudah dikerumuni lalat dan ketika kita memakannya kita akan terkena sakit perut, karena lalat adalah salah satu hewan yang berbahaya oleh karena itu makanan yang akan kita makan harus selalu dijaga dan dipastikan selalu bersih dan terlindungi. (IPA)
11.  Guru menanyakan kepada siswa (Kelas 1) tentang hewan yang merugikan/berbahaya selain lalat serta menanyakan kepada siswa (kelas 2) tentang bahaya yang ditimbulkan hewan yang disebutkan, seperti nyamuk menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah dan lain-lain
12.  Setelah itu guru dan siswa bertanya jawab tentang hewan yang merugikan/berbahaya dan bahaya yang ditimbulkannya serta cara menghindarinya.
13.  Selanjutnya guru menjelaskan bahwa kesempatan untuk bangun pagi, melakukan kegiatan-kegiatan di sepanjang hari dalam keadaan sehat serta makan makanan yang sehat dan bergizi di setiap pagi adalah kenikmatan dari tuhan yang harus kita syukuri selalu, dan salah satu cara mensyukurinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh kita yaitu lewat mandi selain itu cara mensyukuri nikmat Allah juga dengan selalu menjaga  dan melindungi makanan kita dari hewan yang merugikan/berbahaya agar makanan yang kita makan tetap sehat dan kita bisa terhindar dari penyakit (AGAMA)
14.  Guru mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena setiap bangun tidur masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan dalam keadaan sehat, terhindar dari penyakit sehingga bisa datang ke sekolah untuk belajar.
v  Kegiatan Akhir
1)      Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang belum jelas atau belum dipahami oleh siswa
2)      Guru membimbing siswa  membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar.
3)      Guru memberikan tugas/PR kepada siswa:
Ø  Kelas 1: menuliskan kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan di pagi hari
Ø  Kelas 4: menuliskan jenis-jenis hewan yang merugikan/ berbahaya dan bahaya yang ditimbulkan serta cara mengatasinya.
4)      Memberikan pesan agar siswa berhati-hati di jalan ketika akan kembali ke rumah.
5)      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk  mengakhiri kegiatan pembelajaran).
6)      Guru mengatur siswa agar keluar dari ruang kelas dengan tertib.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar